Beranda Networking Solusi Bug 080A – Party Booking Flood di Openkore

Solusi Bug 080A – Party Booking Flood di Openkore

1
Solusi Bug 080A – Party Booking Flood di Openkore

Ini solusi sementara yang saya dapatkan dari forum kaskus. Dan solusi ini hanya bisa menghilangkan tulisan kuning yang mengganggu layar bot anda. Tapi tidak akan menghilangkan lag secara keseluruhan.

Sebab lag ini bukan hanya disebabkan oleh bot openkore yang di banjiri paket 080a saja, namun juga disebabkan oleh beban tinggi yang dialami oleh server, yang dipaksa untuk mengirimkan banjiran data yang sebegitu besar ke  lebih dari 18000 user Ragnarok yang Online.

Langkah 1: (credits to Vincent Jenidy Elite Enterprise)

buka folder src > network > receive.pm (bukan folder receive!!)
lalu cari :

unless ($handler) {
warning “Packet Parser: Unknown switch: $switchn”;
return undef;
}

ganti jadi

unless ($handler) {
#warning “Packet Parser: Unknown switch: $switchn”;
return undef;
}

restart OK dan kuning-kuning pun hilang, tapi lag masih tetap saja

Langkah 2:  (credit : chatzy)

buka src/network/receive/ServerType0.pm

cari deh pake ctrl+f = 0809

terus ketemu baris

# ‘0809’ => [‘booking_insert’, ‘V Z24 V v8’, [qw(index name expire lvl map_id job1 job2 job3 job4 job5 job6)]],

# ‘080A’ => [‘booking_update’, ‘V v6’, [qw(index job1 job2 job3 job4 job5 job6)]],

# ‘080B’ => [‘booking_delete’, ‘V’, [qw(index)]],

terus itu ganti jadi

‘0809’ => [‘changeToInGameState’],
‘080A’ => [‘changeToInGameState’],
‘080B’ => [‘changeToInGameState’],

selesai save deh

_______

jgn pake # depanya
bagi yg males ganti -_- : http://up-down.us/xtra/files/get/zL7…servertype0.pm

Penjelasan panjang lebar tentang hal ini sudah di beberkan oleh om ToXCil di blog www.pasarpayon.com, untuk lebih mudah, tulisan yang Berjudul Ragnarok: Flood pada Sistem Booking saya copas sebagai berikut:

Ragnarok Party Booking Feature

Sistem Booking di Ragnarok sudah ada sejak Renewal diimplementasikan. Sistem ini ditujukan untuk mempermudah player untuk mencari grup. Tapi sistem ini tidak pernah digunakan karena di player di idRO udah biasa menggunakan megaphone untuk mencari grup.

Cara kerja sistem booking ini secara garis besar adalah sbb: Player melakukan booking, menentukan level dan tugas yang ingin dia “recruit” untuk grup dia. Server menerima dan melakukan broadcast ke semua player yang online.

Disinilah permasalahan dimulai. Pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan sistem ini dan melakukan flood, sehingga player yang sedang online menerima broadcast booking secara terus menerus.

Sebagai perkiraan, tiap satu player akan mendapat tambahan traffic sekitar 1~2kb/s dalam artikata traffic meningkat sekitar 3x lipat dari normalnya. Hal ini tentu saja menyebabkan Lag. Baik dari sisi player karena terlalu banyak packet data yang di terima, dan lag di sisi server karena terlalu banyak data yang harus diproses dan dibroadcast.

Coba kita hitung kembali, seumpamanya 10.000 user online dengan tambahan traffic minimum 1kb/s bearti ada data 10MB/s (setara 80mbps) yang harus di upload sia2 oleh server ragnarok.
(yang bisnis isp tentu tau betapa besarnya nilai 80mbps)

Request Solusi:
Matikan sistem booking secara permanent dari sisi server.
Atau tiap char yang booking ada batas waktu, misal satu menit baru bisa booking lagi.

klik untuk perbesar. Ini adalah gambar dari traffic router gue sebelum dan sesudah flood. dari sini gua menilai traffic naik 3x lipat.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.